Yuk Bunda, Lindungi si Kecil dari Virus Covid-19 dengan Masker | Jombang TIMES

Yuk Bunda, Lindungi si Kecil dari Virus Covid-19 dengan Masker

Jul 15, 2021 17:14
dr Kienan Agni Dewanty
dr Kienan Agni Dewanty

JOMBANGTIMES - Penyebaran covid-19 terus meningkat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jombang. Virus yang tengah jadi pandemi itu, kini juga mengancam anak-anak. Oleh karena itu, perlu perhatian dan kewaspadaan khusus dari para orang tua terhadap anak.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada 14 Juli 2021, kasus Covid-19 secara kumulatif sebanyak 6.275 orang. Di mana ada penambahan 148 orang terinfeksi Covid-19 di hari itu dibanding hari sebelumnya yang mencapai 6.127 orang.

Baca Juga : Angka Kesembuhan Covid-19 Capai 81,7 Persen, Kota Malang Upayakan Tembus Standar Nasional

Selain itu, kabar baiknya adalah pasien sembuh di hari yang sama mencapai 42 orang. Tapi mirisnya, 54 orang meninggal dunia akibat Covid-19 di hari itu.

Dampak dari Covid-19 inilah yang harus menjadi perhatian bersama. Terlebih lagi saat ini, Covid-19 tidak hanya mengancam orang dewasa saja. Kasus ini juga banyak menyerang pada anak-anak dengan gejala yang hampir mirip dengan gejala pada orang dewasa.

Kondisi tersebut harus diperhatikan para orang tua untuk tetap waspada dan melakukan pencegahan agar si kecil tidak mudah terinfeksi virus Covid-19. Maka dari itu, Ayo Bunda! Protokol kesehatan harus selalu dilaksanakan secara konsisten.

Salah satu usaha dalam hal pencegahan bagi si kecil untuk terhindar dari virus COVID-19 adalah dengan penggunaan masker. Meskipun penggunaan masker dianggap hal yang sederhana, namun hal ini sangat besar manfaatnya untuk memproteksi si kecil dari virus COVID-19.

Itu dikarenakan, masker dianggap dapat menyaring udara yang terpapar dari virus COVID-19. Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker untuk anak-anak, Bunda! 

Lalu kapan anak diperbolehkan memakai masker?

Menurut American Academy of Pediatric, penggunaan masker diwajibkan pada anak usia 2 tahun ke atas pada saat aktivitas di luar ruangan. Sedangkan, anak dengan usia 2 tahun kebawah tidak disarankan karena berisiko kesulitan dalam bernafas.

Pada anak dengan gangguan perkembangan, gangguan disabilitas, atau kondisi kesehatan tertentu memerlukan penilaian dari dokter dalam hal penggunaan masker karena mempunyai potensi tinggi terpapar virus COVID-19. Penggunaan masker juga tidak dianjurkan pada saat anak melakukan aktivitas berlebih seperti berolahraga.

Penggunaan masker pada anak mungkin akan mengalami kesulitan karena ada rasa kurang nyaman saat digunakan. Namun Bunda! tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah untuk mengajarkan anak dalam penggunaan masker.

Baca Juga : Percepat Vaksinasi, Polres Ngawi Gelar Vaksin Door to Door System

Langkah pertama adalah buat anak senyaman mungkin untuk menggunakan masker. Bunda bisa mengajak si kecil untuk bercermin sambal bercerita tentang wabah yang sedang terjadi dan pentingnya penggunaan masker. Bunda juga bisa memberikan masker dengan gambar favorit si kecil atau membuat sendiri dengan dekorasi yang si kecil inginkan.

Kedua, Bunda bisa mengenalkan lingkungan sekitar bahwa semua selalu memakai masker. Lalu bagaimana cara untuk memproteksi bayi pada masa pandemi ini?

Langkah terbaik untuk memproteksinya adalah dengan cara menjaga jarak dari keramaian karena pada bayi masih sangat rentan terpapar virus ini.

Penggunaan masker pada bayi masih belum disarankan karena risiko tinggi untuk kesulitan dalam bernafas. Yang perlu kita ingat adalah selalu menjaga jarak, perhatikan kebersihan tangan dengan cuci tangan dan juga gunakan masker untuk mengurangi infeksi dari penyebaran virus COVID-19.

Jika Bunda memiliki anak dengan kondisi kesehatan khusus, segera konsultasi ke dokter anak terdekat. Yuk Bunda, saling menjaga diri sendiri dan si kecil agar terhindar dari virus COVID-19. 

Penulis : dr Kienan Agni Dewanty

Topik
Berita opini masker untuk anak covid 19 jombang

Segala opini, saran, pernyataan, jasa, penawaran atau informasi lain yang ada pada isi/konten adalah tanggungjawab penulis bukan JatimTIMES.com.
Kami berhak menolak atau menyunting isi konten yang tidak sesuai dengan kode etik penulisan dan kaidah jurnalistik.
Kami juga berhak menghapus isi/konten karena berbagai alasan dan pertimbangan dan tidak bertanggungjawab atas kegagalan atau penundaan penghapusan materi tersebut.

Berita Lainnya