Cerita Warga Jombang Mutasi Gen Burung Lovebird yang Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah | Jombang TIMES

Cerita Warga Jombang Mutasi Gen Burung Lovebird yang Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah

Sep 14, 2021 12:41
Burung lovebird hasil mutasi genetik milik Lathief Akbar. (Foto: Adi Rosul/ JombangTIMES)
Burung lovebird hasil mutasi genetik milik Lathief Akbar. (Foto: Adi Rosul/ JombangTIMES)

JATIMTIMES - Kecantikan warna bulu burung lovebird tidak sekedar diminati para pecinta burung cinta tersebut. Kecantikan burung yang dikonotasikan setia itu pun menjadikan peminat lovebird berlomba untuk melakukan mutasi genetik, guna menemukan jenis warna bulu yang mempesona.

Itu salah satunya dilakukan oleh pecinta burung lovebird asal Jombang Lathief Akbar (30). Warga Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan ini mulai fokus ternak burung lovebird sejak tahun 2017 lalu.

Baca Juga : Hewan Serangga Hampir Punah, Benarkah Pertanda Kiamat Semakin Dekat? 

Melalui tangan dingin suami Fitri Ainur Rosita (28) itu, Lathief memutasi genetik berbagai jenis lovebird yang ada di kandangnya 'One Piece Bird Farm'. Mutasi genetik ini telah mencetak lovebird dengan warna bulu yang mencolok dan mempesona.

Sebut saja lovebird Pale fallow yang memiliki karakteristik warna bulu pastel, bermata merah rubi dan kaki yang berwarna pink. Tidak ketinggalan jenis lovebird bioala juga dicetak Latif dari mutasi genetik.

Mutasi genetik pada biola ini memunculkan motif atau corak bulu yang mencolok. "Kalau di kandang saya ini ada dua mutasi genetik lovebird. Yaitu biola dan PF," ujarnya saat ditemui wartawan di kediamannya, Selasa (14/09).

Dua jenis mutasi genetik lovebird tersebut, kini banyak diminati di kalangan peternak. Para pecinta lovebird dari luar Jombang pun kerap menghubungi Latif untuk membeli lovebird miliknya.

"Biasanya dibeli orang dari Mojokerto, Kediri hingga Semarang. Saat pandemi ini masih cukup sulit untuk menjual, karena pasarnya sepi," tandasnya.

Baca Juga : Kelainan Kelamin Ganda Dialami Gadis 17 Tahun Asal Purwosari, Ini Penjelasan Dokter soal Penyebab dan Cara Pengobatan

Meski sulit menjual lovebird, Latif mengaku tetap mempertahankan harga yang dipatoknya. Itu karena proses mutasi genetik yang dirasa sulit.

Dalam sebulan ini saja, kata Latif, hanya sekitar 20 ekor lovebird hasil mutasi genetik yang berhasil terjual. "Harganya bervariasi, mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah," pungkasnya.(*)

Topik
usaha lovebird burung lovebirt budidaya lovebird

Berita Lainnya