Malam Ini Gerhana Bulan Total Akan Terlihat, BMKG Karangkates Imbau Hal Ini | Jombang TIMES

Malam Ini Gerhana Bulan Total Akan Terlihat, BMKG Karangkates Imbau Hal Ini

May 26, 2021 11:30
Gerhana Bulan Total. (Foto: Pixabay)
Gerhana Bulan Total. (Foto: Pixabay)

MALANGTIMES - Fenomena gerhana bulan total akan terlihat malam ini, Rabu (26/5/2021) di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Malang Raya.

Fenomena gerhana bulan total yang juga disebut Super Blood Moon ini dapat dilihat nanti malam sekitar pukul 18.18 WIB.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 26 Mei 2021, Lagi-lagi Elsa Palsukan Makam Nindy, Aldebaran Curiga

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Mamuri membenarkan adanya fenomena tersebut.

"Iya nanti malam akan ada fenomena gerhana bulan total. Memang mulainya di saat bulan terbit hingga berakhirnya di jam 20.51 WIB," ujarnya ketika dihubungi, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya gerhana bulan total tersebut dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di daerah tertentu seperti Riau bagian utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh. Namun untuk wilayah Malang Raya, fenomena ini dapat terlihat dan disaksikan langsung.

BMKG Karangkates juga membeberkan bahwa puncak gerhana bulan akan terlihat di pukul 18.18 WIB dan akan berakhir di pukul 20.51 WIB.

Sementara itu, terkait dengan fenomena gerhana bulan total, sebagian warga juga khawatir dengan adanya berita tentang banjir rob yang akan melanda pesisir. Namun, Mamuri menegaskan jika banjir rob dinilai tidak akan membahayakan karena bukan termasuk ancaman.

Baca Juga : Pengguna Google Photos akan Terima Tagihan Mulai Bulan Depan, Segini Biayanya!

"Berkaitan dengan banjir rob itu sebenarnya bukan ancaman ya, karena setiap bulan purnama kan air laut pasang. Jadi mungkin ada sedikit kenaikan ketika terjadi gerhana bulan," imbuhnya. 

Fenomena gerhana bulan total ini, nantinya akan dapat disaksikan lagi di tahun 2033 mendatang. Untuk itu, BMKG mengajak warga agar dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan total ini nanti malam, tanpa menunggu beberapa tahun lagi.

Topik
gerhana bulan Gerhana Bulan Total super blood moon BMKG Karangkates gerhana bulan malang raya

Berita Lainnya