Instagram Uji Coba Sembunyikan Fitur Like! | Jombang TIMES

Instagram Uji Coba Sembunyikan Fitur Like!

Apr 16, 2021 09:34
Instagram like (Foto:  smmabi.com)
Instagram like (Foto: smmabi.com)

INDONESIATIMES - Instagram kini dilaporkan telah melakukan uji coba dengan memberikan pilihan pada pengguna untuk bisa menyembunyikan jumlah "like" pada postingannya sendiri atau orang lain. Uji coba itu telah resmi dilakukan per Kamis (15/4/2021). 

Instagram mengatakan jika uji coba ini muncul usai melihat tanggapan terhadap eksperimennya dalam menghapus "like". Like sendiri biasanya digunakan sebagai pengukur popularitas. 

Baca Juga : Inspirasi Pemakaian Busana Jeans di Segala Aktivitas, Cocok Buat Acara Weekend Nih!

"Pada 2019, kami mulai menyembunyikan hitungan [like] pada sekelompok kecil orang, agar dapat memahami apakah langkah ini mengurangi tekanan ketika mengunggah konten ke Instagram," ujar juru bicara Facebook.

Melansir melalui Reuters, ia juga menjelaskan jika beberapa orang menganggap hal ini menguntungkan. Namun sebagian lagi tak setuju karena masih ingin melihat jumlah like agar mereka bisa melacak postingan mana yang populer. 

Perlu diketahui, uji coba ini memang masih dilakukan pada segelintir pengguna Instagram. Mereka masih bisa melihat jumlah like secara privat.

Awalnya, ide ini muncul untuk mengurangi kecemasan dan rasa malu pada pengguna yang memiliki jumlah 'like' sedikit. Artinya, pengguna akan berpikir apakah postingan mereka akan menerima banyak reaksi atau tidak. 

Tak cuma Instagram, media sosial Facebook juga akan bereksperimen dengan fitur tersebut dalam beberapa minggu ke depan. Hal ini diyakini akan memberikan pengguna kontrol lebih banyak untuk berinteraksi dengan konten melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga : Di Rutan, Habib Rizieq Disebut Ikut Uji Disertasi S3, Kini Bergelar PhD

Sebelumnya, pada bulan lalu Instagram secara tidak sengaja telah menyembunyikan fitur jumlah 'like'. Sebagian besar pengguna menganggap jika hal ini penting untuk kesehatan mental.

Namun ada pula yang menganggap hal ini bisa mengurangi kerja sama antara influencer dengan para mitra pemasang iklan. Kini Instagram mengatakan tengah meninjau kembali masukan yang dihimpun dari para penggunanya selama masa uji coba berlangsung.

Topik
Fitur Baru Instagram Instagram

Berita Lainnya