Pindahkan Pabrik dari India ke Indonesia, Honda Kembangkan Mobil Listrik dan Model Terbaru | Jombang TIMES

Pindahkan Pabrik dari India ke Indonesia, Honda Kembangkan Mobil Listrik dan Model Terbaru

Mar 12, 2021 19:26
Pabrik Honda (Foto : Internet)
Pabrik Honda (Foto : Internet)

INDONESIATIMES – Raksasa otomotif asal Jepang, Honda Motor Company, akan menambah investasi di Indonesia sebesar Rp 5,2 triliun sekaligus akan memindahkan (merelokasi) pabriknya di India ke Indonesia. 

“Akan ada pabrik Honda yang akan direlokasi. Nanti fasilitas produksi yang ada di India akan dipindah ke Indonesia,” ucap Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.

Baca Juga : Viral, Begini Kronologi Pencurian Pick Up di Perumahan Elite Kota Malang

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya mendorong realisasi komitmen investasi pada sektor manufaktur nasional. Adapun rencana investasi Honda ini bisa menyerap 12 ribu tenaga kerja.

“Realokasi asing itu cukup besar dan secara bersamaan membangun tiga pabrik. Itu dapat menyerap 12 ribu tenaga kerja,” kata Agus.

Akan Kembangkan Kendaraan Listrik

Agus juga menambahkan bahwa Honda akan mengembangkan model baru yang berbasis kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. “Honda juga memberikan komitmen untuk membangun model baru yang berbasis elektrik,” tambah menperin.

Sudah Dilakukan Ekspor Otoparts

Sampai saat ini juga, Honda sudah melakukan ekspor otoparts atau komponen mobil yang sangat besar yang produksinya dilakukan di Indonesia.

“Komponen-komponen mobil ini diekspor dari Indonesia ke Thailand, Malaysia,  Vietnam, juga ke Jepang sendiri, Pakistan, Arab Saudi, serta ada tiga negara lainnya. Totalnya ada 9 negara yang menjadi tujuan ekspor dari automotive parts yang diproduksi di Indonesia,” ungkapnya.

Dikembangkan Model Terbaru di Indonesia

Baca Juga : Vaksinasi Beri Sentimen Positif pada Perdagangan Berjangka Komoditi

Kendaraan utuh atau completely built up (CBU) Honda di Indonesia sampai sekarang baru diekspor ke dua negara, yakni Vietnam dan Filipina. Namun, Honda sudah memberikan komitmen untuk menambahkan negara-negara tujuan ekspor dengan memperkuat model baru pada 2022 mendatang.

“Ada sekitar 31 negara tujuan ekspor. Adaa di Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan. Ini model terbaru yang akan dikembangkan di Indonesia dan akan diekspor ke 31 negara. Ini hanya diproduksi di Indonesia,” ungkap Agus.

Topik
Honda Menteri Perindustrian mobil listrik honda

Berita Lainnya