Terima Petunjuk Kemenkes, Kota Blitar Laksanakan Vaksinasi Awal Februari | Jombang TIMES

Terima Petunjuk Kemenkes, Kota Blitar Laksanakan Vaksinasi Awal Februari

Jan 15, 2021 15:55
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Djumianto (Dokumentasi JatimTIMES).
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Djumianto (Dokumentasi JatimTIMES).

BLITARTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar memastikan Kota Blitar akan melaksanakan vaksinasi pada awal Februari 2021. Karena petunjuk pelaksanaan vaksinasi telah diterima pemkot dari Kementerian Kesehatan. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Djumianto mengungkapkan, pihaknya telah menerima petunjuk teknis vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes. Sesuai Juknis, Kota Blitar mendapatkan jatah pendistribusian vaksin pada termin kedua, atau pada Februari 2021 mendatang.

Baca Juga : Dinsos Kota Blitar Minta Masyarakat Jangan Beri Uang ke Anjal dan Gepeng

"Untuk tanggalnya secara pasti kami belum mendapat kepastian. Tapi yang jelas vaksinasi akan masuk pada termin kedua di bulan Februari,” terang Didik, Jumat (15/1/2021).

Dikatakanya, vaksinasi tahap pertama menyasar sumber daya manusia (SDM) kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Ada 2.744 orang tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin Covid-19 pada tahap pertama nanti. Adapun untuk pelaksanaanya Dinkes telah  menyiapkan 105 vaksinator dan menyiapkan 11 fasilitas kesehatan.

“Pemerintah pusat akan mendistribusikan vaksin secara bertahap. Sementara pemerintah daerah bertugas menyiapkan vaksinator, tempat pelaksanaan serta gudang yang terjamin keamanannya untuk penyimpanan vaksin," paparnya.

Dinkes Kota Blitar sebagai leading sektor pelayanan kesehatan juga memiliki tugas untuk memberikan advokasi dan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi, fasilitasi orientasi petugas vaksin, dan fasilitasi promosi vaksin Covid-19. 

“Peran dan tugas dari dinkes selain menyiapkan vaksinator juga harus melakukan advokasi dan sosialisasi. Dinkes juga melaksanakan fasilitasi orientasi petugas vaksin, fasilitasi promosi vaksin Covid-19 dan input aplikasi," imbuhnya. 

Baca Juga : Jelang Vaksinasi Tahap Pertama, Ini Catatan Dewan

Lebih dalam Didik menyampaikan, diharapkan semua yang menjadi sasaran vaksinasi bisa mengikuti aturan yang ditetapkan. Mereka yang terdaftar sebagai penerima vaksin datanya akan masuk aplikasi. 

"Penerima vaksin masuk di dalam aplikasi yang tersambung langsung ke TNI-Polri. Bila ada masyarakat yang menolak divaksin maka itu nanti akan jadi tugas dari TNI-Polri,” pungkasnya.

Topik
vaksinasi blitar jadwal vaksinasi kota blitar Berita Blitar Berita Jatim

Berita Lainnya