Update Lengkap Hasil Evakuasi Sriwijaya Air SJ182, Puing Pesawat, Korban hingga Black Box | Jombang TIMES

Update Lengkap Hasil Evakuasi Sriwijaya Air SJ182, Puing Pesawat, Korban hingga Black Box

Jan 11, 2021 09:09
Puing pesawat Sriwijaya Air (Foto: IST)
Puing pesawat Sriwijaya Air (Foto: IST)

Tim SAR gabungan masih terus berusaha untuk melakukan pencarian atas peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182, Sabtu (9/1/2021) di perairan Kepulauan Seribu.  

Melansir melalui rilis Kementerian perhubungan, Sriwijaya Air SJ182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru.  

Baca Juga : Hasil Terbaru Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air, Ditemukan Potongan Tangan hingga Pakaian Korban

Di hari kedua pencarian Minggu (10/1/2021) tim SAR berhasil menemukan beberapa puing pesawat, sinyal black box, hingga jenazah korban dan pakaian.  

Seperti diketahui, jenazah korban kini telah diserahkan ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk dilakukan identifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri.

Sementara untuk puing-puing pesawat telah diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Berikut daftar lengkap hasil evakuasi oleh tim SAR gabungan:

1. Puing Pesawat, pakaian, hingga bagian tubuh yang diduga korban

Seperti diketahui, seluruh temuan dari hasil evakuasi  dikumpulkan di Jakarta International Container Terminal (JICT) II dilaporkan oleh KRI Kurau.  

Tim telah menemukan kemeja, jam tangan, kaus anak-anak warna pink, sepatu hingga dompet.

Sementara tim gabungan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) melaporkan telah menemukan plat besi, roda pesawat, dan nomor tempat duduk penumpang. Ada juga serpihan badan pesawat, serpihan mesin pesawat, dan hidrolik kabin penumpang.

Image
Foto: IST

Sedangkan dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Armada I TNI AL kembali menemukan serpihan  pesawat seperti plat besi dengan panjang kurang lebih 150 centimeter, mesin mirip turbin, dan beberapa baju seperti kaos, polo, mukena, kabel, aviator breath oxygen, dan pakaian dalam pria.

Kemudian, tim Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) juga melaporkan telah menemukan kursi penumpang (passenger seat), rambut, dan beberapa organ tubuh lainnya di sekitar Pulau Lancang.

Terkait penemuan jasad manusia, Tim Basarnas menemukan satu potongan tubuh manusia Minggu (10/1/2021) dini hari.

Baca Juga : Di Jember Sekarang Musim Jalan Tumbuh Pisang

Dalam pencarian berikutnya, tim gabungan menyerahkan lima kantong jenazah yang berisi potongan tubuh manusia.  

Kemudian Tim yang berlayar menggunakan KRI Parang kemblai menemukan dua potongan tubuh manusia, begitu pula dengan KPLP yang menemukan body bag berisi potongan tubuh manusia.

Sehingga jika ditotal temuan potongan tubuh manusia dalam pencarian hari kedua, sekitar sembilan kantong jenazah.

2. Tumpahan minyak di laut

Temuan selanjutnya oleh pesawat TNI AU yang mendapati visual diduga tumpahan minyak di area lokasi jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Minggu (10/1/2021) pagi.

Terkait hal ini, Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi menyebut pihaknya segera mengkoordinasikan temuan visual tumpahan minyak di sekitar Pulau Laki itu ke tim yang berada di perairan Kepulauan Seribu.

3. Titik jatuh pesawat dan sinyal black box

Tim SAR gabungan dikabarkan telah menemukan sinyal dari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Selain itu, tim SAR gabungan juga berhasil mengidentifikasi lokasi jatuhnya pesawat.

Topik
Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air Pesawat Sriwijaya Air jatuh korban kecelakaan pesawat sriwijaya air update terkini kecelakaan sriwijaya air Sriwijaya Air Air SJ 182

Berita Lainnya