Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat diwawancarai wartawan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat diwawancarai wartawan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Pelaksanaan salat Idul Adha diperbolehkan di Kabupaten Jombang. Namun, Pemkab Jombang meminta pembagian daging hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha harus dibagikan langsung ke rumah warga, untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab memastikan tidak ada penutupan masjid maupun musala di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada (31/7) besok. Artinya, Mundjidah mempersilahkan masyarakat Jombang untuk mengelar salat Idul Adha.

Baca Juga : Bupati Bojonegoro Ajak Ketua DPP PDIP Tinjau Lokasi Waduk Gongseng

Pelaksanaan salat Idul Adha itu pun, kata Mundjidah, harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pihak pengurus masjid diminta untuk mengatur jarak saf salat minimal satu meter dan menyiapkan tempat cuci tangan, serta pemeriksaan suhu tubuh kepada para jemaah.

"Saya akan melaksanakan sesuai dengan surat edaran Gubernur. Bahwa untuk pelaksanaan salat Idul Adha tahun 1441 Hijriah ini bisa dilaksanakan di masjid, musala maupun di lapangan. Namun harus tetap menggunakan protokol kesehatan," ujarnya saat diwawancarai di rumah dinas Bupati Jombang, Selasa (28/7).

Sedangkan, Mundjidah juga meminta pada panitia penyembelihan hewan kurban juga memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum penyembelihan, lokasi hewan kurban disembelih harus disemprot cairan disinfektan. Petugas penyembelih juga dicek suhu tubuhnya.

Terlebih lagi, Mundjidah meminta agar pendistribusian daging kurban tidak dilakukan dengan sistem antrean. Daging kurban harus didistribusikan langsung ke rumah warga yang menerima.

"Penerima daging ini tidak boleh berkerumunan. Panitia mengantar daging ke rumah-rumah. Prinsipnya tidak ada kerumunan orang," kata Mundjidah.

Baca Juga : Gubernur Jatim Puji Pengendalian Covid-19 di Kota Batu

Pelaksanaan hari raya kurban ini telah diatur oleh Mundjidah melalui Surat Edaran Bupati Jombang nomor 451/4617/415.10.1.2/2020 tentang pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.(*)